CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Senin, 09 Desember 2013

Blog Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Yang Menarik Bagi Guru dan Siswa




Foto: Banner untuk Lomba Blog Pendidikan.

Informasi lomba bisa dilihat di: http://on.fb.me/18iEeiq

Pendidikan merupakan suatu sarana yang sangat penting dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas dan handal, namun hal tersebut akan terealisasi dengan nyata apabila dunia pendidikan, mengadopsi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Perkembangan ilmu dan teknologi merupakan salah satu produksi dari manusia yang terdidik, dan pada gilirannya manusia-manusia itu perlu lebih mendalami dan mampu mengambil manfaat dan bukan menjadi korban dari perkembangan ilmu dan teknologi sendiri.
Pembelajaran dewasa ini menghadapi dua tantangan, tantangan yang pertama datang dari adanya perubahan persepsi tentang belajar itu sendiri dan tantangan yang kedua datang dari adanya teknologi informasi dan telekomunikasi yang memperlihatkan perkembangan yang luar biasa. Konstruktivisme pada dasarnya telah menjawab tantangan yang pertama dengan meredefinisi belajar sebagai proses konstruktif di mana informasi diubah menjadi pengetahuan melalui proses interpretasi, korespondensi, representasi, dan elaborasi. Sementara itu, kemajuan teknologi informasi dan telekomunikasi yang begitu pesat yang menawarkan berbagai kemudahan-kemudahan baru dalam pembelajaran memungkinkan terjadinya pergeseran orientasi belajar pada masyarakat. Lebih dari itu, teknologi ini ternyata turut pula memainkan peran penting dalam memperbarui konsepsi pembelajaran yang semula fokus pada pembelajaran sebagai semata-mata suatu penyajian berbagai pengetahuan menjadi pembelajaran sebagai suatu bimbingan agar mampu melakukan eksplorasi sosial-budaya yang kaya akan pengetahuan.
Di tengah dunia yang semakin modern ini pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan pun tidak dielakkan lagi. Dengan adanya teknologi modern, arus informasi semakin tak dapat terbendung lagi. Semua orang diseluruh dunia dapat mengetahui apa yang mereka inginkan melalui internet. Internet dapat menghilangkan batas ruang dan waktu sehingga siapa pun dapat memanfaatkanya. Pemanfaatan internet dalam dunia pendidikan telah gencar dilakukan diberbagai negara. Bahkan internet sudah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam dunia pendidikan.
Salah satu media yang sangat menarik untuk dimanfaatkan dengan adanya perkembangan informasi dan teknologi adalah media Web Blog atau biasa disebut dengan Blog. Menurut wikipedia.com, Blog adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Blog sebagai salah satu layanan aplikasi dari internet dapat dimanfaatkan oleh pengajar dan pebelajar sebagai sumber belajar berbasis E-learning yang tidak terbatas.
Memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran berbasis E-learning pada hakekatnya membuat guru menjadi kreatif. Guru dituntut untuk mampu mengembangkan kreativitasnya agar blog yang dikelolanya menjadi menarik siswa untuk berkomentar, dan membuat siswa menjadi senang membaca. Pengajar dapat meng-upload semua informasi yang berkaitan dengan materi pembelajaran yang diajarkan dengan menambahkan multimedia (gambar, animasi, efek suara dan video) agar menarik dan lebih mudah dipelajari. Cara yang efektif untuk meningkatkan minat belajar para siswanya. Misalnya seorang guru memposting suatu permasalahan atau materi pelajaran yang disusun dalam suatu bahasa yang formal tetapi lebih santai. Para siswanya kemudian bisa blogwalking ke blog tersebut dan kegiatan belajar mengajar pun bisa menjadi lebih menyenangkan. Materi pelajaran yang diposting melalui media blog bisa menjadi sebuah konten hebat yang bermanfaat bagi kemajuan dunia pendidikan.
Bagi siswa, blog dapat mendorong mereka untuk selalu mendokumentasikan apa yang ada di dalam pikiran mereka, termasuk di antaranya adalah pengetahuan, pengalaman, perasaan, pendapat, dan lain-lain, dengan metode yang paling sesuai dengan kepribadian masing-masing, apakah itu lewat tulisan, gambar, suara, atau video. Hal ini, selain berguna sebagai ajang latihan mengungkapkan ide-ide yang terpendam, juga berguna untuk penghematan biaya dalam hal publikasi gagasan karena dengan media blog, sebuah gagasan tidak perlu dimuat dalam ribuan lembar kertas agar dapat terpublikasi secara luas. Setiap buah pikiran yang berhasil mereka dokumentasikan, sebaiknya diberi apresiasi agar mereka juga semakin terpacu untuk mendokumentasikan pengetahuan yang mereka punya. Apresiasi tersebut tidak harus berupa materi, tapi bisa juga berupa tanggapan, pengakuan, pujian, dan bahkan kritikan atas apa yang mereka berhasil dokumentasikan. Blog dapat menggantikan kelas-kelas diskusi yang selama ini selalu terbatas pada waktu dan sebuah ruangan fisik, sehingga proses pembelajaran pun dapat diselenggarakan dengan lebih fleksibel.
Karena banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dari pemanfaatan Blog sebagai media berbasis E-learning bagi guru dan siswa, tentunya para guru dapat mencoba menerapkan media tersebut. Karena memiliki blog artinya memilki rumah maya. Dirumah tersebut kita bisa isi dengan apapun yang bermanfaat untuk orang lain, khususnya untuk menunjang tugas guru dalam mencerdaskan generasi bangsa. Saatnya guru dan siswa nge-Blog.



11 komentar:

Unknown mengatakan...

Blog sebagai media pembelajaran berbasis E-learning wah pasti menyenangkan dan menarik itu bu..
makasih sharenya..
smg menang

Anonim mengatakan...

sangat setuju bu..
bila guru mempunya blog bisa mengisi dengan media dan materi pembelajaran tentunya sangat bermanfaat bu..
semngat bu..

Unknown mengatakan...

@Yetty Dwi Novia: Iya mbak pasti menarik silahkan diterapkan..makasih

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Naufal mengatakan...

Menarik ne artikelnya..
Saatnya guru ngeBlog biar bisa share materi pembelajaran kepada siswanya..

smg menang..

Unknown mengatakan...

@ Naufal: Makasih maz..saatnya kita terapkan One Blog One teacher..

Unknown mengatakan...

@Anonim: Makasih mz/mbak ne..
Iya guru bisa menulis konten2 pembelajaran menarik bagi siswa..dan guru dapat berdiskusi dengan sesama guru blogger.

Unknown mengatakan...

@Anonim: Makasih mz/mbak ne..
Iya guru bisa menulis konten2 pembelajaran menarik bagi siswa..dan guru dapat berdiskusi dengan sesama guru blogger.

Dela mengatakan...

Makasih sharenya..
Blog memang media pembelajaran berbasis e-learning yang asyik, menarik, dan menyenangkan

Dela mengatakan...

Makasih sharenya..
Blog memang media pembelajaran berbasis e-learning yang asyik, menarik, dan menyenangkan

Unknown mengatakan...

@Dela: Iyaa mbak makasih