CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Sabtu, 07 Desember 2013

Menjadi Guru Keren dan Siswa Hebat Dengan Pembelajaran Berbasis E-Learning


Oleh: Yenny Eka Herlin Budhiarti. M




Pembelajaran oleh guru seringkali dikemas dengan cara yang konvensional yang cenderung mengendapankan nilai serta seperti menutup mata terhadap perkembangan IPTEK yang sebenarnya memberi kemudahan dalam konteks penyampaian materi pelajaran, namun semua itu seperti terabaikan begitu saja. Selain itu, hal yang menjadi masalah selama ini pada sebuah momen pembelajaran para siswa kurang terkondisi dalam keadaan bahwa tiap individu siswa memiliki peluang yang sama untuk dilibatkan secara aktif, tidak melulu para siswa yang pandai saja yang aktif tetapi siswa lainnya pun dapat berperan lebih aktif dari biasanya. Untuk itu perlu dipikirkan strategi pembelajaran yang memungkinkan semuanya aktif seperti beberapa model pengelompokkan yang telah banyak kita kenal.
Pada perkembangan teknologi informasi yang sedemikian pesat mempengaruhi hampir seluruh aspek kehidupan manusia, belajar seharusnya bukan lagi merupakan suatu hal yang membosankan, seperti beberapa dekade yang lalu. Guru seharusnya mengerti apa yang sedang disukai siswa saat ini, yaitu perkembangan ternologi. Siswa pastinya adalah anak yang senang menerima perubahan. Untuk menerapkan pembelajaran yang disukai siswa. Guru dapat menerapkan pembelajaran berbasis E-learning, seperti menyajikan bahan ajar dengan suara, visualisasi, dan animasi yang dinamis, tidak membosankan, serta padat informasi. Selain itu, guru dapat membuat membuat power point dengan tampilan yang menarik, mengadakan kuis di internet, dan membuat game sederhana. Guru juga bisa membuat tugas-tugas sekolah menarik yang berkaitan dengan internet dan kreatifitas siswa-siswinya sehingga siswa-siswinya menjadi bersemangat dalam mengerjakan tugas sekolahnya itu dan otomatis mereka akan mempelajari materi-materi pelajaran dengan senang hati dan tidak merasa.
Sebenarnya, jika teknologi digunakan secara efektif sebagai perangkat untuk berkreasi, maka siswa akan menjadi lebih kolaboratif, dan reflektif dibanding dengan di dalam kelas tanpa teknologi. Integrasi E-learning dalam ruang kelas, mampu juga memberikan siswa pengalaman baru kepada siswa untuk dapat mengenalkan penggunaan teknologi untuk membantu mereka dalam menyelesaikan permasalahan yang mereka hadapi dalam kehidupan sebenarnya. Penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran akan membuat siswa senang dan lebih rileks dalam belajar, hal ini tentu saja akan membuat siswa mudah dalam menyerap pembelajaran yang disampaikan. Mendidik siswa untuk berpikir kritis, menambah wawasan dan pengetahuan siswa, mendidik siswa untuk belajar otodidak. Siswa juga tidak perlu khawatir jika ketinggalan materi pada saat tidak masuk kelas karena sakit, karena dengan penerapan pembelajaran berbasis E-learning siswa dapat belajar dimana saja dan kapan saja. Sehingga bisa mengejar materi atau mengulang materi yang telah diajarkan guru melalui pembelajaran online. Hal ini tentu saja akan membuat siswa mudah dalam menyerap pembelajaran yang disampaikan dan pastinya akan berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Siswa tidak akan terbebani oleh banyaknya materi yang diajarkan guru di dalam kelas.
Selain sebagai sarana untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, pembelajaran berbasis E-learning juga dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Sudah saatnya guru sedikit demi sedikit membiasakan diri mengajar menggunakan media berbasis E-learning, tidak hanya mengandalkan buku yang sudah berbagai generasi redaksinya.

Ada beberapa inovasi yang dapat dipraktikkan oleh guru dengan menerapkan pembelajaran berbasis E-learning antara lain dengan teknik AAK yaitu Adopsi (Pengambilan yang ada secara utuh), Adaptasi (Pengambilan yang ada disesuaikan dengan kondisi setempat) serta Kreasi (Pengembangan sesuatu yang benar-benar baru) dari berbagai pendekatan, strategi, metode, teknik, maupun model pembelajaran yang telah ada sebelumnya.
Selain itu juga ada beberapa aplikasi yang dapat dimanfaatkan oleh guru dengan menerapkan pembelajaran berbasi E-learning yang berupa software untuk presentasi seperti Mindjet MindManager Pro 7 yang berguna dalam membuat peta pikiran (mind map) secara efektif dan efisien, Microsoft Mouse Mischief dalam melakukan evaluasi yang mampu mengkondisikan banyak siswa mengakses satu komputer serta Ms. Power point 2007 oleh guru maupun siswa dalam pembahasan pelajaran yang didukung strategi pengelompokkan dengan Metode Kepala Bernomor (Number Head Together-NHT) yang dibuat lebih interaktif dengan memanfaatkan software layar sentuh SmartNotebook 10.7. Strategi ini disinyalir akan lebih mampu meningkatkan efektivitas belajar siswa.






13 komentar:

Anonim mengatakan...

ide bagus itu..bisa diterapkan neh..
mksih..

Anonim mengatakan...

ide bagus itu..bisa diterapkan neh..
mksih..

Unknown mengatakan...

artikelnya bagus..
memang sekarang guru harus melek IT..
supaya pembelajaran menjadi bermakna..
smg menang bu..

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

to anonim: iyaa sama2..silahkan diterapkan..

Unknown mengatakan...

to anonim: iyaa sama2..silahkan diterapkan..

Unknown mengatakan...

@yetty: iyaa bu mari kita melaksanakan pembelajaran berbasis e-learning..
Majulah pendidik..
Makasih bu..

Doni mengatakan...

Benar sekali bu..
Sekarang banyak sekali aplikasi ataupun software pembelajaran yang menarik untuk diaplikasikan dalam pembelajaran..

Unknown mengatakan...

@Doni: Iya pak makasih..jadi guru harus lebih kreatif dan inovatif untuk mengaplikasikan software tersebut dalam pembelajaran..agar siswa mudah menerima pembelajaran.

Ajeng mengatakan...

Guru harus mengikuti perkembangan zaman..
dengan menerapkan pembelajaran berbasi e-learning..
semangat bu smg menang..

Lidiana aja mengatakan...

Setuju dengan pernyataan ini bu..
"Guru seharusnya mengerti apa yang sedang disukai siswa saat ini, yaitu perkembangan teknologi"

Unknown mengatakan...

@ Ajeng: Iya bu memang harus begitu..yuk kita aplikasikan

Unknown mengatakan...

@Lidiana aja..
thanks bu, saya juga suka dg kalimat tsb..hehe