CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Jumat, 12 Juli 2013

Belajar di alam itu menyenangkan lohhh...!



Serunya belajar di alam bersama murid-muridkuu...!
by: Yenny Eka Herlin Budhiarti.M, S.Pd




my student @ garden




   Alam merupakan wahana luas yang bisa dimanfaatkan untuk bermain sambil belajar, khususnya bagi anak-anak. Keberadaan alam bisa dimanfaatkan untuk melatih keterampilan dan pembiasaan diri bagi anak yang nantinya berguna di masa depannya. Apalagi jika alam dimanfaatkan sebagai wahana belajar, anak-anak  bisa bebas berekspresi dan bereksplorasi. yaah..belajar di alam memang sangat berhubungan dengan konsep pembelajaran PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) yang selama ini digembor-gemborkan. Anak-anak akan belajar dengan dilandasi rasa senang, tanpa beban dan penuh semangat. Sehingga akan membuat pembelajaran lebih mudah diikuti dan diserap oleh anak. 
    
  Belajar dari alam adalah alam sebagai media tempat untuk melakukan proses belajar mengajar, dan apa yang bisa kita gunakan dari alam sebagai alat peraga atau pendukung dalam proses belajar. Siswa tidak hanya memahami materi yang diberikan oleh guru sebatas pada alam ide, tetapi juga bisa mempelajari secara empiris. Dalam pembelajaran IPA misalnya, siswa bisa belajar tentang jenis-jenis tumbuhan dan bagaimana cara memeliharanya dengan baik. Mereka di ajak berkebun dan menanam tumbuhan tentunya praktik langsung akan membuat anak-anak lebih mengerti bukan. Suasana pembelajaran seperti ini sangat cocok dengan apa yang diharapkan pada pendekatan kontekstual.


Hamparan alam adalah guru sejati, segala yang berjalan di dalamnya sesungguhnya adalah mata pelajaran yang sedang dituturkan.

salam

@yennyarti


Tidak ada komentar: