CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Sabtu, 05 Oktober 2013

Akrab dengan siswa??boleh nggak yah...

me n my student


Assalamu'alaikum sobat pengajar muda...

Wahh..lama ne gak curhat di my lovely blog..krn alasan klise sibuk dg pekerjaan..hehe

Alhamdulilla akhirnya di weekend kali bisa coret-coret lagi di blog tersayang..hehe

Okee sobat pengajar muda lagsung saja tema kali ini kita akan berdiskusi mengenai Boleh nggak sih kita akrab dengan siswa kita?

Apakah kedekatan anda kepada siswa-siswa anda akan mengurangi WIBAWA anda sebagai guru???

Setujukah anda dengan pernyataan di atas.

Hemm,,,kalo saya justru memilih akrab dengan siswa saya..

Karena menurut saya, dengan masuk di dunia siswa kita sebagai pendidik akan mengetahui segala hal tentang siswa kita.
Mengetahui segala sesuatu yang disukai siswa dan yang tidak disukai siswa.
Mengetahui perkembangan jiwa dan emosi siswa.
Mengetahui keadaan keluarga siswa.
Mengetahui permasalahan siswa kita.

Kedekatan atau keakraban dengan siswa bisa menjadi pengukur seberapa ampuh dan efektif pendidikan yang sudah kita laksanakan. Keakraban juga sebagai cara yang menyenangkan untuk menemukan metode, teknik dan cara mengajar yang sesuai dengan karakteristik dan perkembangan siswa kita. Keakraban bisa membuat siswa belajar tanpa rasa takut dan menyenangkan.


Sebagai orang tua kedua di sekolah tentunya kita harus bisa memposisikan diri kita sebagai ayah dan ibu yang setia mendengar celotehan siswa. Di sela-sela jam istirahat berlangsung bolehlah kiranya kita meluangkan waktu sejenak ditengah-tengah siswa kita untuk mengamati dari dekat segala tingkah laku siswa kita, mengajak siswa berdialog dengan santai. Saya yakin dengan kegiatan berdialog santai berkaitan dengan kesulitan belajar siswa, kita bisa mengetahui penyebab serta mendapatkan jalan keluar untuk setiap permasalahan siswa.

Saya sering menyempatkan waktu untuk berada di tengah-tengah siswa yang sedang asyik mengobrol dan bercanda. Kadang ketika saya asyik mendengarkan obrolan siswa, mereka sering membicarakan mengenai guru yang mereka sukai dan tidak. Mendengarkan alasan mengapa mereka menyukai dan tidak menyukai. Hal tersebut bisa menjadi masukan bagi saya untuk menjadi guru yang lebih baik lagi, dan inspiratif bagi siswa-siswi saya.

Saya pernah membaca kata-kata di bawah ini..

Bahwa " Wibawa dibangun dengan Keteladan dan Ketegasan. Wibawadibangun dengan tidak mudah menyalahkan. Wibawa dibangun dengan kematangan jiwa saat masalah melanda. Wibawa akan hadir dengan sendirinya saat semua bisa kita ayomi.

Sobat pengajar muda, jika kita ingin tahu seberapa Wibawa kita, kita bisa tahu dari seberapa efektif nasihat kita diterima siswa kita, dan seberapa baik siswa kita mengenang kita.


Melihat senyum siswa-siswi saya adalah hal yang terindah bagi saya..



Salam

@yennyarti




 




Tidak ada komentar: