RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD Negeri……………..
Mata Pelajaran : Ilmu pengetahuan Alam
Kelas/ Semester : V/ 1
MAteri Pokok : Tumbuhan Hijau
Alokasi Waktu : 2 × 35 menit (1 pertemuan)
STANDAR
KOMPETENSi
Memahami
cara tumbuhan hijau membuat makanan.
KOMPETENSI
DASAR
Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau
membuat makanan (hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).
INDIKATOR
Melakukan percobaan hasil fotosintesis
TUJUAN
PEMBELAJARAN
- Setelah memperhatikan penjelasan guru yang disertai tanya jawab tentang pengertian fotosintesis, siswa dapat menjelaskan pengertian fotosintesis dengan benar.
- Setelah memperhatikan penjelasan guru yang disertai tanya jawab tentang proses fotosintesis, siswa dapat menjelaskan proses fotosintesis dengan benar.
- Setelah mengamati demonstrasi disertai penjelasan dari guru tentang proses praktikum percobaan ingenhousz, siswa dapat melakukan praktikum percobaan ingenhousz dengan benar.
- Setelah memperhatikan penjelasan guru tentang cara kerja praktikum percobaan sach, dengan bimbingan guru, siswa dapat melakukan praktikum percobaan sach dengan benar.
- Setelah melakukan ekperiment tentang percobaan ingenhousz dan sach, melalui penugasan, siswa dapat mengerjakan LKS tentang percobaan ingenhousz dan sach dengan benar.
MATERI PEMBELAJARAN
Tumbuhan Hijau (Terlampir)
METODE
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1. Metode Pembelajaran
a. Ceramah
b. Tanya jawab
c. Penugasan
d. Demonstrasi
e. Eksperimen
2. Media Pembelajaran
a. Hydrilla
b. Gelas ukur
c. Tabung reaksi
d. Kawat
e. Corong
f. Kaki tiga
g. Spirtus
|
h. Alkohol
i. Larutan lugol
j. Pipet
k. Kompor
l. Penampang keramik
m. Kertas
perak
n. Daun (hijau dan warna)
|
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
1) Kegiatan Awal (± 10 menit)
a. Salam Pembuka
b. “Assalamu’alaikum Wr. Wb”
c. Berdoa
d. “Sebelum pelajaran kita mulai, marilah kita berdoa terlebih
dahulu”
e. Mengabsen Kehadiran Siswa
f. “Siapa yang hari ini tidak berangkat?Kenapa?”
g. d. Tes Penjajagan
h. “Siapa yang tahau apa itu fotosintesis?”.
i.
Acuan
j. “Pada hari ini, kita akan melakukan percobaan tentang proses
fotosintesis, Bapak harap, kalian dapat membuktikan bahwa fotosintesis
menghasilkan oksigen dan amilum”.
k. Apersepsi
l. “Kita sebagai makhluk hidup butuh makan (nutrisi)
tidak?......Nah….tidak hanya manusia saja yang menbutuhkan makan, tetapi hewan
dan tumbuhan juga butuh nutrisi….Kalau kita tidak makan, bisa sakit dan lemas
ya…seperti halnya tumbuhan, tapi bedanya…tumbuhan bias membuat makanannya
sendiri…Coba…kalau ibu kalian memasak di dapur, bahan-bahan apa saja yang
diperlukan agar masakannya enak??.....Nah…dalam membuat makanan…tumbuhan juga
memerlukan bahan-bahan, coba siapa yang tahu bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan
tumbuhan untuk membuat makanan???....
2) Kegiatan Inti (± 40 menit)
a. Siswa memperhatikan penjelasan guru disertai tanya jawab tentang
pengertian fotosintesis.
b. Siswa memperhatikan penjelasan guru disertai tanya jawab tentang
proses fotosintesis.
c. Siswa mengamati demonstrasi yang disertai penjelasan guru
tentang proses praktikum (cara kerja) percobaan ingenhous. Kemudian siswa
melakukan praktikum tersebut secara berkelompok.
d. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara kerja praktikum
percobaan sach, kemudian siswa melakukan praktikum tersebut secara berkelompok
yang disertai bimbingan oleh guru.
e. Melalui penugasan, siswa mengerjakan LKS tentang percobaan
ingenhousz dan sach.
3) Kegiatan Akhir (± 15 menit)
a. Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum
jelas
b. Bersama dengan guru, siswa menyimpulkan materi pelajaran
c. Siswa mencatat hal-hal penting dari materi pelajaran
d. Siswa melaksanakan evaluasi
e. Siswa menjawab salam dari guru untuk mengakhiri pelajaran.
SUMBER
PEMELAJARAN
a. Ade Yeti Nuryantini. 2004. Pandai
Belajar Sains untuk Sekolah Dasar Kelas 5. Bandung: Regina. Halaman 42-43
b. Haryanto. 2007. Sains
untuk Sekolah Dasar Kelas V. Jakarta: Erlangga. Halaman 43-45
c. S. Rositawaty dan Aris Muharam. 2007. Senang Belajar Ilmu pengetahuan
Alam untuk Kelas V Sekolah dasar/ Madrasah Itidaiyah. Jakarta: Pusat
Perbukuan Depdiknas. Halaman 31-35
I. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
Penilaian
a. Penilaian Proses
a. Prosedur
Penilaian
: Penilaian Proses dan Penilaian Hasil
b. Jenis
Tes
: Tertulis
c. Bentuk
Tes
: Obyektif dan Subyektif
d. Instrumen, Kunci Jawaban dn Teknik Penskoran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar