CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Kamis, 12 Desember 2013

RPP SD IPA Tumbuhan HIjau Kelas V Semester I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                         :   SD Negeri……………..
Mata Pelajaran                              :   Ilmu pengetahuan Alam
Kelas/ Semester                          :   V/ 1
MAteri Pokok                                :   Tumbuhan Hijau
Alokasi Waktu                               :   2 × 35 menit (1 pertemuan)

   STANDAR KOMPETENSi
      Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan.

   KOMPETENSI DASAR
  Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan (hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).

   INDIKATOR
      Melakukan percobaan hasil fotosintesis

   TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Setelah memperhatikan penjelasan guru yang disertai tanya jawab tentang pengertian fotosintesis, siswa dapat menjelaskan pengertian fotosintesis dengan benar.
  2. Setelah memperhatikan penjelasan guru yang disertai tanya jawab tentang proses fotosintesis, siswa dapat menjelaskan proses fotosintesis dengan benar.
  3. Setelah mengamati demonstrasi disertai penjelasan dari guru tentang proses praktikum percobaan ingenhousz, siswa dapat melakukan praktikum percobaan ingenhousz dengan benar.
  4. Setelah memperhatikan penjelasan guru tentang cara kerja praktikum percobaan sach, dengan bimbingan guru, siswa dapat melakukan praktikum percobaan sach dengan benar.
  5. Setelah melakukan ekperiment tentang percobaan ingenhousz dan sach, melalui penugasan, siswa dapat mengerjakan LKS tentang percobaan ingenhousz dan sach dengan benar.

MATERI PEMBELAJARAN
            Tumbuhan Hijau (Terlampir)

    METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1.  Metode Pembelajaran
a.    Ceramah
b.    Tanya jawab
c.    Penugasan
d.    Demonstrasi
e.    Eksperimen

2.   Media Pembelajaran
a.       Hydrilla
b.      Gelas ukur
c.       Tabung reaksi
d.      Kawat
e.       Corong
f.       Kaki tiga
g.      Spirtus
h.      Alkohol
i.        Larutan lugol
j.        Pipet
k.      Kompor
l.        Penampang keramik
m.    Kertas perak
n.      Daun (hijau dan warna)
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1)    Kegiatan Awal (± 10 menit)
a.    Salam Pembuka
b.    “Assalamu’alaikum Wr. Wb”
c.    Berdoa
d.    “Sebelum pelajaran kita mulai, marilah kita berdoa terlebih dahulu”
e.    Mengabsen Kehadiran Siswa
f.     “Siapa yang hari ini tidak berangkat?Kenapa?”
g.    d.      Tes Penjajagan
h.    “Siapa yang tahau apa itu fotosintesis?”.
i.       Acuan           
j.      “Pada hari ini, kita akan melakukan percobaan tentang proses fotosintesis, Bapak harap, kalian dapat membuktikan bahwa fotosintesis menghasilkan oksigen dan amilum”.
k.     Apersepsi
l.      “Kita sebagai makhluk hidup butuh makan (nutrisi) tidak?......Nah….tidak hanya manusia saja yang menbutuhkan makan, tetapi hewan dan tumbuhan juga butuh nutrisi….Kalau kita tidak makan, bisa sakit dan lemas ya…seperti halnya tumbuhan, tapi bedanya…tumbuhan bias membuat makanannya sendiri…Coba…kalau ibu kalian memasak di dapur, bahan-bahan apa saja yang diperlukan agar masakannya enak??.....Nah…dalam membuat makanan…tumbuhan juga memerlukan bahan-bahan, coba siapa yang tahu bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan tumbuhan untuk membuat makanan???....

2)    Kegiatan Inti (± 40 menit)
a.    Siswa memperhatikan penjelasan guru disertai tanya jawab tentang pengertian fotosintesis.
b.    Siswa memperhatikan penjelasan guru disertai tanya jawab tentang proses fotosintesis.
c.    Siswa mengamati demonstrasi yang disertai penjelasan guru tentang proses praktikum (cara kerja) percobaan ingenhous. Kemudian siswa melakukan praktikum tersebut secara berkelompok.
d.    Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara kerja praktikum percobaan sach, kemudian siswa melakukan praktikum tersebut secara berkelompok yang disertai bimbingan oleh guru.
e.    Melalui penugasan, siswa mengerjakan LKS tentang percobaan ingenhousz dan sach.

3)    Kegiatan Akhir (± 15 menit)
a.    Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum jelas
b.    Bersama dengan guru, siswa menyimpulkan materi pelajaran
c.    Siswa mencatat hal-hal penting dari materi pelajaran
d.    Siswa melaksanakan evaluasi
e.    Siswa menjawab salam dari guru untuk mengakhiri pelajaran.

    SUMBER PEMELAJARAN
a.     Ade Yeti Nuryantini. 2004. Pandai Belajar Sains untuk Sekolah Dasar Kelas 5. Bandung: Regina. Halaman 42-43
b.     Haryanto. 2007. Sains untuk Sekolah Dasar Kelas V. Jakarta: Erlangga. Halaman 43-45

c.      S. Rositawaty dan Aris Muharam. 2007. Senang Belajar Ilmu pengetahuan Alam untuk Kelas V Sekolah dasar/ Madrasah Itidaiyah. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas. Halaman 31-35

I.       PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
         Penilaian
a.    Penilaian Proses

 Penilaian Hasil
a.    Prosedur Penilaian                     :  Penilaian Proses dan Penilaian Hasil
b.    Jenis Tes                                     :  Tertulis
c.    Bentuk Tes                                 :  Obyektif dan Subyektif
d.    Instrumen, Kunci Jawaban dn Teknik Penskoran

Tidak ada komentar: