Metode PATUTELA ini bisa diterapkan dalam pembelajaran IPS di SD. Karen tujuan Pembelajaran IPS di SD ,adalah peserta didik mempunyai keamampaun berkomunikasi,bekerja sama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk,di tingkat lokal,nasional dan global.
Langkah-langkah dalam metode “Patulela”
  1. Guru menentukan komponen dasar yang ingin dicapai ( Misalnya mengidentifikasi Benua-benua ,materi kelas VI semester 1 )
  2. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang heterogen berdasarkan jenis kelamin dan kemampuannya.
  3. Guru menyiapkan papan pajangan untuk tiap kelompok misalnya dalam kertas manila.
  4. Tiap-tiap kelompok diberi kebebasan menuliskan sebanyak-banyaknya fakta dan peristiwa yang sudah dipahami atau “dihapal” secara singkat pada secarik kertas kecil (6 cmx 15 cm ) lalu menempelkannya pada papan pajangan.Fakta atau peristiwa yang ditulis misalnya:
  5. Taj mahal merupakan keajaiban dunia yang terdapat di India
  6. Benua Amerika ditemukan oleh Columbus pada 1492.
  7. Agar menarik ,fakta atau peristiwa itu dapat ditulis pada kertas warna-warni dan beragam bentuk,yang penting tulisan tersebut harus terbaca dengan jelas.
  8. Setiap saat guru menanyakan kembali fakta atau peristiwa yang sudah ditulis atau ditempelkan oleh suatu kelompok.Jika ada salah seorang anggota kelompok yang tidak bisa menjawab pertanyaan tentang apa yang mereka tulis dan tempelkan, tulisan tersebut harus dilepas.Kelompok tersebut baru boleh menempelkan lagi jika seluruh anggota dalam kelompoknya sudah paham.
  9. Guru memotivasi siswa untuk menulis dan menempel sebanyak-banyaknya,fakta atau peristiwa yang sudah dipahami secara kolektif.Jika perlu guru memberikan hadiah atau reward,bisa seminggu sekali atau dua minggu sekali,kepada kelompok yang paling banyak enempelkan karyanya.

Kegiatan ini membawa dampak yang positif kepada peserta didik
  1. Memupuk kerjasama dan kekompakan kelompok
  2. Memotivasi siswa untuk belajar agar dapat menempelkan karya sebanyak-banyaknya
  3. Pajangan tersebut dapat dijadikan sumber belajar dan dapat dibaca setiap saat
  4. Materi tersebut mudah dipahami karena ditulis secara singkat dan jelas
  5. Melatih peserta didik untuk bertanggung jawab.