CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Sabtu, 04 Mei 2013

Social Media Membuatku Semakin PD menjadi Guru

Social Media Membuatku Semakin PD menjadi Guru

oleh: Yenny Eka Herlin Budhiarti.M, S.Pd

Sengaja saya membuat judul seperti di atas, social media bahasa kerennya dari media sosial memang terbukti ampuh membuatku semakin PD alias percaya diri menjadi guru. Kenapa yah?mungkin sobat bertanya-tanya..hehe..karena menurut saya social media menyimpan bermacam-macam manfaat bagi kita yang berprofesi sebagai guru. 

Guru memang harus mengikuti perubahan jaman tetapi dengan selektif memilih media yang bermanfaat bagi keprosfesionalitasan sebagai seorang pendidik, guru harus tahu apa yang disukai siswa, guru harus terampil, kreatif dan inovatif dalam mendidik. 

Tak salah dong, jika social media merupakan wadah yang membuat guru semakin profesional.

Yuk, mari kita simak apa sih sebenarnya manfaat  social media bagi guru. Teng..ting..teng..ini dia manfaatnya:


Pertama, dari media sosial seperti Blogspot, wordpress, guru-indonesia.net. guraru.org, multiplay  guru bisa menuliskan berbagai macam pengalaman mengajarnya, guru bisa menuliskan berbagai ide kreatif mengajar, dan yang tak kalah pentingnya guru dapat bertukar pikiran, ngobrol, berbagi ide dengan para sesama blogger yang berprofesi sebagai guru.  selain itu guru bisa memberikan tugas kepada anak didiknya lewat social media lho, anak zaman sekarang kan sudah banyak yang mengerti internet tuh..jadi tak ada salahnya guru memberikan tugas di blog kepada peserta didik.
(gubukpengajarmuda.blogspot.com)(yennyeka.guru-indonesi.net)

Kedua, dari media social seperti facebook dan twitter guru bisa join di berbagi grup yang berlatar pendidikan, bisa add teman yang seprofesi dan bertukar pikiran dengan mereka tentunya wawasan pengetahuan kita sebagai guru semakin bertambah.
(www.facebook.com/yennyeka)(www.twitter.com/yennyarti)

Ketiga, yahh..pinterest social media yang baru aku kenal, ternyata di dalamnya menyimpan banyak manfaat lho..!, mau tau gak kenapa, dari namanya saja pinterest seperti kata jawa yang berarti pinter..hehe, kalo ini sih selingan sobat. Pinterest apabila kita join disitu kita akan disuguhkan beberapa link yang kita sukai, klo kita sebagai guru yah pastinya kita akan memilih education link, karena disana kita bisa mendapatkan ide-ide mengajar kreatif dari guru-guru di luar negeri lho, kita bisa belajar membuat media yang kreatif yang bisa memotivasi anak, selain itu kita bisa juga melihat dekorasi kelas yang bisa kita terapin di kelas kita  sobat.
(www.pinterest.com/yennyeka)

Keempat, Kompasiana media sosial sebagai wadah kita untuk belajar menulis, share tulisan kita ke media online. bagi saya pribadi yang masih pemula tentunya media sosial ini akan memberikan banyak manfaat bagi saya untuk belajar membuat sebuah tulisan. kita bisa tuh mengetahui apakah tulisan kita bagus apa tidak?hehe..karena setelah menulis di social media itu bagi yang tertarik dengan tulisan kita akan memberikan nilai seperti inspiratif,menarik, dll dan memberikan komentar yang membangun pada tulisan kita.
(www.kompasiana.com/yennyeka.kompasiana.com)

Kelima, Goesmart yah 1 bulan yang lalu tepatnya saya join di social media yang bernama goesmart, seperti facebook dan twitter kita bisa update status, add friend, dan selain itu kita bisa share materi dan media yang kita buat di storenya goesmart lho, oh..ya bagi yang suka tantangan yuk ikutan lomba yang ada di goesmart
(www.goesmart.com)



Ternyata join di social media gak ada ruginya lho, jika kita bisa selektif memilih media yang cocok buat profesi dan kepribadian kita masing-masinh.


Yuk, menjadi guru yang terbuka akan perubahan.

salam

@yennyarti



Tidak ada komentar: