SQ3R (Survey, Questions, Read, Recite, Review)
Strategi Pembelajaran Membaca
oleh: Yenny Eka Herlin Budhiarti.M, S.Pd
Tujuan penggunaan strategi ini, untuk membentuk kebiasaan siswa
berkonsentrasi dalam membaca, melatih kemampuan membaca cepat, melatih daya
peramalan berkenaan dengan isi bacaan, dan mengembangkan kemampuan membaca
kritis dan komprehansif. Tahapan kegiatannya, adalah:
·
Tahap Persiapan :
·
Guru meminta siswa membaca teks secara cepat (survey). Setelah
itu guru meminta siswa membuat pertanyaan tentang bacaan (questions). Pertanyaan
dapat langsung memanfaatkan pertanyaan pada tahap pramembaca. Tujuan pertanyaan
ini, adalah untuk membentuk konsentrasi siswa dan membangkitkan pengetahuan dan
pengalaman awalnya.
·
Proses membaca :
Setelah membuat pertanyaan, siswa melakukan kegiatan membaca (read).
Sambil membaca, siswa membuat jawaban pertanyaan dan catatan ringkas yang
relevan (recite).
·
Pasca membaca :
Siswa melakukan review, misalnya
membahas kesesuaian pertanyaan dengan isi bacaan, maupun kegiatan lanjutan lain
yang secara kreatif bisa dikembangkan oleh guru.
Salam
@yennyarti
Tidak ada komentar:
Posting Komentar