CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Sabtu, 04 Mei 2013

Strategi Membaca-Tanya Jawab /MTJ atau Request (Reading-Question)


Strategi Membaca-Tanya Jawab /MTJ atau Request (Reading-Question)
Oleh: Yenny Eka Herlin Budhiarti

Strategi ini ditujukan untuk mengembangkan kemampuan membaca komprehensif, memahami alasan pengambilan kesimpulan isi bacaan, dan peramalan lanjut berkenaan dengan isi bacaan.

Tahapan kegiatannya, adalah
1.      Guru menjelaskan tujuan pengajaran, problem yang harus dipecahkan siswa,dan cara yang dilakukan siswa untuk memecahkan masalah.
2.         Guru dan siswa melakukan pemecahan masalah, misalnya menemukan fakta, mendapat ide pokok,penggunaan ungkapan, pendapat yang tidak relevan dengan fakta, dansebagainya. Untuk memecahkan masalah tersebut, guru dan siswa melakukan kegiatan membaca paragraf pertama bacaan.
3.         Setelah membaca paragraf pertama bacaan, guru meminta siswa meramalkan kemungkinan isi paragraf berikutnya. Guru dan siswa melakukan kegiatan membaca dalam hati. Paragraf yang dibaca  bisa satu paragraf atau lebih bergantung pada kemungkinan waktu yang tersedia.
4.         Tahap terakhir, adalah tanya jawab dan pembahasan jawaban pertanyaan.

Semoga bermanfaat..
Salam
@yennyarti

Tidak ada komentar: