Strategi
Membaca-Tanya Jawab /MTJ atau Request (Reading-Question)
Oleh:
Yenny Eka Herlin Budhiarti
Strategi ini ditujukan untuk
mengembangkan kemampuan membaca komprehensif, memahami alasan pengambilan
kesimpulan isi bacaan, dan peramalan lanjut berkenaan dengan isi bacaan.
Tahapan
kegiatannya, adalah
1. Guru
menjelaskan tujuan pengajaran, problem yang harus dipecahkan siswa,dan cara
yang dilakukan siswa untuk memecahkan masalah.
2.
Guru
dan siswa melakukan pemecahan masalah, misalnya menemukan fakta, mendapat ide
pokok,penggunaan ungkapan, pendapat yang tidak relevan dengan fakta,
dansebagainya. Untuk memecahkan masalah tersebut, guru dan siswa melakukan
kegiatan membaca paragraf pertama bacaan.
3. Setelah
membaca paragraf pertama bacaan, guru meminta siswa meramalkan kemungkinan isi
paragraf berikutnya. Guru dan siswa melakukan kegiatan membaca dalam hati. Paragraf
yang dibaca bisa satu paragraf atau lebih bergantung pada kemungkinan
waktu yang tersedia.
4.
Tahap
terakhir, adalah tanya jawab dan pembahasan jawaban pertanyaan.
Semoga
bermanfaat..
Salam
@yennyarti
Tidak ada komentar:
Posting Komentar