Diary 11
Belajar Asyik dengan Teka-Teki Silang
Sangkuriang
Oleh: Yenny Eka Herlin Budhiarti. M
ABSTRAKSI
Pembelajaran Bahasa
Indonesia di kelas VI dengan KD mengidentifikasi tokoh, watak, latar, tema, atau amanat dari cerita yang
dibacakan,
pada pembelajaran ini saya memilih cerita SANGKURIANG. Dan sebagai evaluasi
saya mengemasnya menjadi sebuah permainan teka/teki silang.
Lesson Learned
Diharapkan setelah
mengikuti pembelajaran ini siswa dapat:
Produk :
Setelah
menyimak cerita dari guru, siswa dapat menyebutkan tokoh, watak tokoh, tema, dan
amanat yang ada dalam cerita.
Proses :
Dengan
dibacakan cerita oleh guru siswa dapat mengidentifikasi tokoh, watak, latar,
tema, atau amanat dari cerita yang dibacakan.
Dengan
dibacakan cerita oleh guru siswa dapat mencatat hal-hal pokok dari urutan
peristiwa secara runtut.
Ketrampilan
Sosial
Dengan
mengikuti proses pembelajaran yang sedang berlangsung, siswa dapat menanggapi jawaban teman tentang
tokoh, watak, latar, tema, atau amanat dari cerita yang dibacakan
Step by Step
Pertama
Guru
menjelaskan unsur-unsur yang ada dalam cerita (tokoh, watak, latar, tema,dan amanat)
Guru
membacakan cerita sangkuriang di depan kelas, dan siswa diminta untuk menyimak
dan mencatat hal-hal pokok, yaitu tokoh, watak, latar, tema,dan amanat dari cerita yang dibacakan.
Di
tengah pembacaan cerita guru mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk
mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman sisiwa terhadap cerita.
Guru
melanjutkan membacakan cerita sampai selesai.
Guru
menunjuk beberapa siswa untuk membacakan hasil catatannya di depan kelas dan
siswa lainnya memperhatikan dengan seksama.
Kedua
Guru
menyediakan media tabel teka-teki silang di depan kelas.
Guru
menjelaskan aturan permainan.
Guru
membacakan pertanyaan-pertanyaan untuk mengisi teka-teki silang mengenai tokoh,
watak, latar, tema,dan amanat
dari cerita yang telah dibacakan.
Siswa
maju ke depan kelas secara bergantian untuk menjawab pertanyaan dengan mengisi
jawaban pada teka-teki silang.
Ketiga
Guru
memberikan penghargaan dengan cara memberikan pujian kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan dengan tepat.
MEDIA
MEDIA TEKA-TEKI SILANG
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
|
1
|
J
|
P
|
M
|
|||||||||||||||||
2
|
||||||||||||||||||||
3
|
||||||||||||||||||||
4
|
||||||||||||||||||||
5
|
C
|
|||||||||||||||||||
6
|
||||||||||||||||||||
7
|
||||||||||||||||||||
8
|
||||||||||||||||||||
9
|
||||||||||||||||||||
10
|
||||||||||||||||||||
11
|
S
|
|||||||||||||||||||
12
|
||||||||||||||||||||
13
|
||||||||||||||||||||
14
|
M
|
|||||||||||||||||||
15
|
||||||||||||||||||||
16
|
||||||||||||||||||||
17
|
A
|
|||||||||||||||||||
18
|
T
|
|||||||||||||||||||
19
|
||||||||||||||||||||
20
|
Question
Mendatar:
1. a. Bagian tubuh yang terdapat luka Sangkuriang
b. Sangkuriang mengerjakan tugasnya pada .... hari
1. Latar belakang cerita
4. Tokoh yang mempunyai sifat jahat
5. Cerita pendek
6. a. Sangkuriang adalah .... dari Dayang Sumbi
b. Dayang Sumbi meminta Sangkuriang untuk membuat ....
8. Ibu dari Sangkuriang
11. Anak Dayang Sumbi
12. Rupa Dayang Sumbi
13. Anjing kesayangan istana
14. Warna kain yang digelas di sebelah timur kota
15. Kegemaran Sangkuriang
!8. Nama gunung yang berasal dari sampan Sangkuriang
Menurun:
2. Tempat asal cerita Sangkuriang
4. Pesan yang ingin disampaikan penulis cerpen kepada pembaca.
5. Watak adari Dayang Sumbi
7. Jalannya cerita
8. Jalannya cerita
9. Para jin menghentikan pekerjaanya karena mengira hari sudah ....
10. Sangkuriang harus menyelesaikan pekerjaannya sebelum ....
12. a. Yang membantu tugas Sangkuriang
b. Tumang adalah .... dari Sangkuriang
14. a. Sungai yang dibendung Samgkuriang
b. Akibat gagalnya tugas Sangkuriang
16. Tempat terjadinya cerita
17. Tokoh utama
20. Watak Sangkuriang.
Kunci Jawaban TTS
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
| |
1
|
J
|
K
|
E
|
P
|
A
|
L
|
A
|
M
|
A
|
L
|
A
|
M
| ||||||||
2
|
A
|
A
|
A
| |||||||||||||||||
3
|
W
|
B
|
G
|
T
|
E
|
M
|
A
| |||||||||||||
4
|
A
|
N
|
T
|
A
|
G
|
O
|
N
|
I
|
S
|
J
|
A
| |||||||||
5
|
B
|
I
|
I
|
C
|
E
|
R
|
P
|
E
|
N
| |||||||||||
6
|
A
|
N
|
A
|
K
|
S
|
A
|
M
|
P
|
A
|
N
|
I
|
R
| ||||||||
7
|
R
|
L
|
T
|
O
|
K
| |||||||||||||||
8
|
D
|
A
|
Y
|
A
|
N
|
G
|
S
|
U
|
M
|
B
|
I
|
A
|
T
|
E
| ||||||
9
|
T
|
M
|
R
|
R
|
O
|
R
| ||||||||||||||
10
|
A
|
U
|
G
|
A
| ||||||||||||||||
11
|
S
|
A
|
N
|
G
|
K
|
U
|
R
|
I
|
A
|
N
|
G
|
M
|
O
|
S
| ||||||
12
|
A
|
C
|
A
|
N
|
T
|
I
|
K
| |||||||||||||
13
|
T
|
U
|
M
|
A
|
N
|
G
|
B
|
I
|
E
| |||||||||||
14
|
L
|
M
|
E
|
R
|
A
|
H
|
S
|
P
| ||||||||||||
15
|
B
|
E
|
R
|
B
|
U
|
R
|
U
|
F
|
N
|
A
| ||||||||||
16
|
R
|
A
|
B
|
J
|
I
|
L
| ||||||||||||||
17
|
J
|
A
|
I
|
B
|
A
| |||||||||||||||
18
|
T
|
A
|
N
|
G
|
K
|
U
|
B
|
A
|
N
|
P
|
E
|
R
|
A
|
H
|
U
| |||||
19
|
R
|
A
| ||||||||||||||||||
20
|
K
|
Salam
@yennyarti
Tidak ada komentar:
Posting Komentar