CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Kamis, 25 April 2013


Diary ke 8
KINCIR Kertas Origami Media Pembelajaran IPA
oleh: Yenny Eka Herlin Budhiarti. M

muridku yang sedang menunjukkan hasil karyanya
Latar Belakang
Bermain memang hal yang sangat disukai anak, oleh karena itu tidak ada salahnya jika menerpkan pembelajaran sambil bermain.

Metode
Pembelajaran aktif

Alat dan Bahan
·       selembar kertas persegi
·       gunting
·       marker
·       paku payung
·       penguasa
·       sebuah tongkat kayu (pensil akan melakukan)
·       lem

Step by Step
LANGKAH # 1: Untuk memulai membuat kincir mainan origami sederhana, memegang selembar kertas persegi, dan dari pusat ke empat penjuru menggambar garis. Ini berarti Anda harus menggunakan penanda dan penguasa sepanjang dua Diagonal-diagonal lembar kertas persegi.
LANGKAH # 2: Sekarang memotong sepanjang empat baris sampai setengah menggunakan gunting. Sekarang, memegang selembar kertas di depan Anda dengan dasar garis lurus sejajar dengan tepi meja.
LANGKAH # 3: Ambil tepi kiri dari segitiga pertama dipotong dan menempatkannya di tengah kertas, dan kemiringan kertas dalam arah berlawanan jarum jam, sekali lagi membuat bagian lurus berikutnya paralel kertas ke meja. Kemudian lagi tempat tepi kiri segitiga dipotong pada pusat, tumpang tindih pada tepi potongan pertama.
LANGKAH # 4: Tempat ini cara ujung empat menyendiri dipotong segitiga lainnya di pusat juga. Pastikan Anda mendapatkan hak ini kertas lipat bagian yang mudah, itu cukup sederhana, hanya bekerja dalam anti-searah jarum jam arah.
LANGKAH # 5: Sekarang, tempat pin paku payung di tengah kertas, untuk memegang pola kincir bersama-sama. Lalu palu paku payung dan kertas kincir ke tepi atas tongkat kayu atau sedotan yang kuat, tempat kincir di tempat berangin dan menikmati pertunjukan!

Lesson Learned
Dari aktivitas pembelajaran ini siswa menjadi kreatif dan terampil.

Selamat mencoba

Salam

@yennyarti

Tidak ada komentar: