CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Minggu, 28 April 2013

MEMBANGUN BUDAYA MEMBACA DALAM KELUARGA


MEMBANGUN BUDAYA MEMBACA DALAM KELUARGA
Oleh:
YENNY EKA HERLIN BUDHIARTI.M, S.Pd

Sebenarnya apa sih keluarga membaca itu?Penting gak sih. yaah,,keluarga membaca adalah sebuah keluarga yang mempunyai tradisi membaca yang baik, sehingga di dalam keluarga tertanam budaya membaca yang pada akhirnya, membaca menjadi sebuah kebutuhan bagi keluarga. Tidak saja kebutuhan memperoleh ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi juga kebutuhan hiburan.

            Akan tetapi, tidak mudah membangun keluarga membaca, yakni keluarga yang hidup dalam budaya baca-tulis yang baik. Perlu keuletan, ketelatenan dan kerutinan untuk membangun budaya membaca dalam keluarga.

Mengapa kita perlu membangun budaya membaca dalam keluarga?, ternyata terdapat banyak keuntungan dalam keluarga apabila menjadikan membaca sebagai budaya.

Berikut ini adalah keuntungan yang didapatkan bagi keluarga membaca: (a) Keterampilan membaca pada anak penting sebagai kunci meraih sukses baik di sekolah maupun di tempat kerja, bagi anak, membaca dapat memberikan kesenangan dan mengasah imajinasinya dan membuka pintu bagi anak memasuki dunia kerja baru, dengan membaca (dan menulis), seseorang meretas jalan bagi pengusaha bahasa dan komunikasi.

 Lantas, bagaimana menjadikan budaya baca sebagai gaya hidup keluarga? Yah memang tidak mudah, dikarenakan berbagai hal. Namun orang tua menjadi kunci keberhasilan dan memainkan peran yang sangat penting. Orang tua perlu mengondisikan keluarga bukan hanya sebatas suka membaca, melainkan juga bagaimana menyukai bacaan dan memetik hikmah sekaligus hiburan.

Berikut ini beberapa tips untuk membangun budaya membaca dalam keluarga.
1.  Kontrol dan tentukan jam menonton
2.  Ajarkan dengan contoh! Jika anda juga rajin membaca buku, Koran atau majalah lama-kelamaan anggota keluarga akan mencontoh
3.  Membaca bersama
4.  Buat perpustakaan rumah

Selamat menerapkan di keluarga masing-masing.

Salam
@yennyarti







            








Tidak ada komentar: