ARTIKEL
PENDIDIKAN
PENERAPAN
PENDEKATAN PAIKEM DALAM IPA
Oleh: Yenny Eka Herlin Budhiarti.M
Menurut Depdiknas (2006), Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA
bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta,
konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses
penemuan.
Konsep-konsep sains dan lingkungan
sekitar siswa dapat dengan mudah dikuasai siswa melalui pengamatan pada situasi
yang konkret. Dampak positif dari diterapkannya model PAIKEM yaitu siswa dapat
terpacu sikap rasa keingintahuannya tentang sesuatu yang ada di lingkungannya.
Seandainya kita renungi empat pilar
pendidikan yakni learning to know
(belajar untuk mengetahui), learning to
be (belajar untuk menjadi jati dirinya), learning to do (Belajar untuk mengerjakan sesuatu) dan learning to life together (belajar untuk
bekerja sama) dapat dilaksanakan melalui pembelajaran dengan pendekatan
lingkungan yang dikemas sedemikian rupa oleh guru, supaya pembelajaran tersebut
dapat terlaksaana sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Dari empat pilar pendidikan dan kelima
komponen prinsip PAIKEM (Mengalami, Pembaruan, Berinteraksi, Komunikasi,
Berekspresi, dan Melakukan Refleksi), komponen ’Mengalami’, ’Pembaruan’, dan
’Berkspresi’ berkaitan dengan bagaimana guru mengolah bahan/materi pelajaran.
Artinya, bagaimana guru mengolah materi pelajaran sehingga siswa mengalami dan
mengekspresikan gagasannya. Untuk komponen interaksi, komunikasi dan refleksi
berkaitan dengan bagaimana guru mengelola kelas. Artinya, bagaimana siswa harus
dikelola (kerja kelompok, berpasangan, ataukah individual) agar mereka
berinteraksi satu sama lain untuk mengembangkan kemampuan bekerjasama dan pada
saat yang sama berkembang pula kemampuan individualnya.
Cara mengolah materi sehingga tercipta
komponen ’mengalami’ dan ’ekspresi’ untuk tiap-tiap mata pelajaran akan berbeda
satu sama lain sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang bersangkutan.
Misalnya, dalam IPA dikenal rumus POE: Predict (prediksi), Observe (amati),
Explain (jelaskan). Suatu cara mengolah materi IPA di mana guru merumuskan
pertanyaan untuk siswa sehingga siswa melakukan prediksi (atas jawabaan
pertanyaan tersebut), melakukan pengamatan/percobaan untuk menjawab pertanyaan
tersebut, kemudian menjelaskan hasil pengamatan/percobaan terkait dengan
prediksi yang mereka buat sebelumnya.
Gambaran PAKEM diperlihatkan dengan
berbagai kegiatan yang terjadi selama Pembelajaran. Pada saat yang sama,
gambaran tersebut menunjukkan kemampuan yang perlu dikuasai guru untuk
menciptakan keadaan tersebut.
Berikut tabel beberapa contoh kegiatan
pembelajaran dan kemampuan guru.
KEMAMPUAN
GURU
|
PEMBELAJARAN
|
Guru
menggunakan alat bantu dan sumber belajar yang beragam
|
Sesuai mata
pelajaran, guru menggunakan, misal: Alat
yang tersedia atau yang dibuat sendiri, Gambar, Studi kasus, Nara sumber, Lingkungan.
|
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan keterampilan.
|
Siswa:
1. Melakukan
percobaan, pengamatan, atau wawancara.
2. Mengumpulkan
data/jawaban dan mengolahnya sendiri.
3. Menarik
kesimpulan.
4. Memecahkan
masalah, mencari rumus sendiri .
5. Menulis
laporan/hasil karya lain dengan kata-kata sendiri
|
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan gagasannya
sendiri secara lisan atau tulisan.
|
Melalui:
1.
Diskusi
2.
Lebih banyak pertanyaan terbuka
3.
Hasil karya yang merupakan pemikiran
anak sendiri.
|
Guru menyesuaikan bahan kegiatan belajar dengan
kemampuan siswa.
|
Siswa dikelompokkan sesuai dengan
kemampuan (untuk kegiatan tertentu).
Bahan pelajaran disesuaikan dengan
kemampuan kelompok tersebut.
Tugas perbaikan atau pengayaan
diberikan.
|
Guru mengaitkan pembelajaran dengan pengalaman
Guru mengaitkan pembelajaran
dengan pengalaman siswa sehari-hari.
Guru memantau kerja siswa
Guru memberikan umpan balik
|
Siswa menceritakan ataumemanfaatkan
pengalamannya sendiri.
Siswa menerapkan hal yang dipelajari
dalam kegiatan sehari-hari
Menilai pembelajaran dan kemajuan belajar siswa secara
terus menerus.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar