CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Selasa, 30 April 2013

MENJADI GURU KEREN DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING


MENJADI GURU KEREN DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERBASIS 
E-LEARNING

Seperti kita tahu bahwa, guru masih terbiasa mengemas pembelajaran secara konvensional. Pembelajaran yang seolah-olah menutup mata terhadap perkembangan IPTEK yang sebenarnya memberi kemudahan dalam konteks penyampaian materi pelajaran. Selain itu, hal yang menjadi masalah selama ini pada sebuah momen pembelajaran para siswa kurang terkondisi dalam keadaan bahwa tiap individu siswa memiliki peluang yang sama untuk dilibatkan secara aktif, tidak melulu para siswa yang pandai saja yang aktif tetapi siswa lainnya pun dapat berperan lebih aktif dari biasanya. Untuk itu perlu dipikirkan strategi pembelajaran yang memungkinkan semuanya aktif seperti beberapa model pengelompokkan yang telah banyak kita kenal. Masalahnya, apakah guru mau dan mampu mencoba atau tidak.
Sebenarnya, jika teknologi digunakan secara efektif sebagai perangkat untuk berkreasi, maka siswa akan menjadi lebih kolaboratif, dan reflektif dibanding dengan di dalam kelas tanpa teknologi. Selain itu, integrasi teknologi informasi dalam ruang kelas, mampu juga memberikan siswa pengalaman baru kepada siswa untuk dapat mengenalkan penggunaan teknologi untuk membantu mereka dalam menyelesaikan permasalahan yang mereka hadapi dalam kehidupan sebenarnya. Manfaat lainnya, penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran akan membuat siswa senang dan lebih rileks dalam belajar, hal ini tentu saja akan membuat siswa mudah dalam menyerap pembelajaran yang disampaikan.
Ada beberapa inovasi yang dapat dipraktikkan oleh guru antara lain dengan teknik AAK yaitu Adopsi (Pengambilan yang ada secara utuh), Adaptasi (Pengambilan yang ada disesuaikan dengan kondisi setempat) serta Kreasi (Pengembangan sesuatu yang benar-benar baru) dari berbagai pendekatan, strategi, metode, teknik, maupun model pembelajaran yang telah ada sebelumnya.
Selain itu juga ada beberapa aplikasi yang dapat dimanfaatkan oleh guru yang berupa software untuk presentasi seperti Mindjet MindManager Pro 7 yang berguna dalam membuat peta pikiran (mind map) secara efektif dan efisien, Microsoft Mouse Mischief dalam melakukan evaluasi yang mampu mengkondisikan banyak siswa mengakses satu komputer serta Ms. Power point 2007 oleh guru maupun siswa dalam pembahasan pelajaran yang didukung strategi pengelompokkan dengan Metode Kepala Bernomor (Number Head Together-NHT) yang dibuat lebih interaktif dengan memanfaatkan software layar sentuh SmartNotebook 10.7. Strategi ini disinyalir akan lebih mampu meningkatkan efektivitas belajar siswa.
So..Tunggu apalagi..mari menjadi guru keren, kreatif dan inovatif dengan menerapkan pembelajaran berbasis E-learning. Go..guru melek IT.

Salam

@yennyarti

Tidak ada komentar: