MENJADI
GURU KEREN DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERBASIS
E-LEARNING
Seperti kita tahu bahwa, guru masih terbiasa mengemas pembelajaran secara konvensional. Pembelajaran yang seolah-olah menutup mata terhadap perkembangan IPTEK
yang sebenarnya memberi kemudahan dalam konteks penyampaian materi pelajaran. Selain itu, hal yang menjadi
masalah selama ini pada sebuah momen pembelajaran para siswa kurang terkondisi
dalam keadaan bahwa tiap individu siswa memiliki peluang yang sama untuk
dilibatkan secara aktif, tidak melulu para siswa yang pandai saja yang aktif
tetapi siswa lainnya pun dapat berperan lebih aktif dari biasanya. Untuk itu
perlu dipikirkan strategi pembelajaran yang memungkinkan semuanya aktif seperti
beberapa model pengelompokkan yang telah banyak kita kenal. Masalahnya, apakah
guru mau dan mampu mencoba atau tidak.
Sebenarnya, jika
teknologi digunakan secara efektif sebagai perangkat untuk berkreasi, maka
siswa akan menjadi lebih kolaboratif, dan reflektif dibanding dengan di dalam
kelas tanpa teknologi. Selain itu, integrasi teknologi informasi dalam ruang
kelas, mampu juga memberikan siswa pengalaman baru kepada siswa untuk dapat
mengenalkan penggunaan teknologi untuk membantu mereka dalam menyelesaikan
permasalahan yang mereka hadapi dalam kehidupan sebenarnya. Manfaat lainnya,
penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran akan membuat siswa senang dan
lebih rileks dalam belajar, hal ini tentu saja akan membuat siswa mudah dalam
menyerap pembelajaran yang disampaikan.
Ada beberapa
inovasi yang dapat dipraktikkan oleh guru antara lain dengan teknik AAK yaitu
Adopsi (Pengambilan yang ada secara utuh), Adaptasi (Pengambilan yang ada
disesuaikan dengan kondisi setempat) serta Kreasi (Pengembangan sesuatu yang
benar-benar baru) dari berbagai pendekatan, strategi, metode, teknik, maupun
model pembelajaran yang telah ada sebelumnya.
Selain itu
juga ada beberapa aplikasi yang dapat dimanfaatkan oleh guru yang berupa software
untuk presentasi seperti Mindjet MindManager Pro 7 yang berguna dalam membuat
peta pikiran (mind map) secara efektif dan efisien, Microsoft Mouse Mischief
dalam melakukan evaluasi yang mampu mengkondisikan banyak siswa mengakses satu
komputer serta Ms. Power point 2007 oleh guru maupun siswa dalam pembahasan
pelajaran yang didukung strategi pengelompokkan dengan Metode Kepala Bernomor
(Number Head Together-NHT) yang dibuat lebih interaktif dengan memanfaatkan
software layar sentuh SmartNotebook 10.7. Strategi ini disinyalir akan lebih
mampu meningkatkan efektivitas belajar siswa.
So..Tunggu
apalagi..mari menjadi guru keren, kreatif dan inovatif dengan menerapkan pembelajaran berbasis
E-learning. Go..guru melek IT.
Salam
@yennyarti
Tidak ada komentar:
Posting Komentar